RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA Negeri 3 Lahat
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : X / 2
Jumlah Pertemuan : 1 X Pertemuan
Standar Kompetensi
Membaca
11. Memahami makna teks tulis fungsional pendek esei sederhana berbentuk descriptive dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan
Kompetensi Dasar
11.1 Merespon makna dan langkah retorika teks tulis esei secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks descriptive.
Indikator Pencapaian Kompetensi
o Mengidentifikasi makna kata dalam teks yang dibaca
o Mengidentifikasi makna kalimat dalam teks yan dibaca
o Mengidentifikasi komplikasi dalam sebuah cerita diskriptive
o Mengidentifikasi kejadian dalam teks yan dibaca
Tujuan Pembelajaran
o Siswa dapat mengidentifikasi makna kata dalam teks yang dibaca
o Siswa dapat mengidentifikasi makna kalimat dalam teks yan dibaca
o Siswa dapat mengidentifikasi cirri-ciri dari benda/orang yang dideskripsikan
o Siswa dapat menjawab atas pertanyaan yang diberikan
Materi Ajar : Descriptive Text
Alokasi Waktu : 1 X Pertemuan (2 X 45 menit)
Model Pembelajaran : Course Review Horay
Kegiatan Pembelajaran
No | Kegiatan Belajar | Waktu (Menit) |
1 | Kegiatan Awal - Guru menyapa siswa e.g. Good morning, How are you, this morning? Who is absent today? - Siswa memperhatikan slide power point yang di tampilkan guru | 15’ |
2 | o Membaca nyaring bermakna teks descriptive dan memahami secara komprehensif secara individu o Mendiskusikan berbagai aspek dari teks seperti isi dan struktur teks secara berkelompok | 60’ |
3 | Penutup · Menyimpulkan pembelajaran · Menginformasikan materi minggu depan kepada siswa | 15’ |
Penilaian Hasil Belajar
· Tehnik: Menjawab pertanyaan yang diberikan kalau benar diisi tanda (V), kalau salah diisi tanda silang (X).
· Bentuk pertanyaan tertulis
1. What does the text talk about?
2. What is Debby’s proffesion?
3. How did she become famous?
4. The way she dresses show that she is an.........person.
5. Mention her positive and negative traits.
Mengetahui, Lahat, Januari 2012
Kepala SMAN 3 Lahat Guru Mata Pelajaran
Drs. Erlambang, M.M. Johan Kapri, S.Pd.
NIP 196609031995121002 NIP 197101121999031007