Perangkat Pengajaran


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
    Nama Sekolah           : SMA Negeri 3 Lahat
    Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris
    Kelas / Semester        : X / 2
   Jumlah Pertemuan    : 1 X Pertemuan



Standar Kompetensi
Membaca
11.  Memahami makna teks tulis fungsional pendek esei sederhana berbentuk descriptive dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan

Kompetensi Dasar
11.1    Merespon makna dan langkah retorika teks tulis esei secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks descriptive.

Indikator Pencapaian Kompetensi
o  Mengidentifikasi makna kata dalam teks yang dibaca
o  Mengidentifikasi makna kalimat dalam teks yan dibaca
o  Mengidentifikasi komplikasi dalam sebuah cerita diskriptive
o  Mengidentifikasi kejadian dalam teks yan dibaca

Tujuan Pembelajaran                      
o  Siswa dapat mengidentifikasi makna kata dalam teks yang dibaca
o  Siswa dapat mengidentifikasi makna kalimat dalam teks yan dibaca
o  Siswa dapat mengidentifikasi cirri-ciri dari benda/orang yang dideskripsikan
o  Siswa dapat menjawab atas pertanyaan yang diberikan


Materi Ajar                                        :           Descriptive Text

Alokasi Waktu                                   :           1 X Pertemuan  (2 X 45 menit)

Model Pembelajaran                         :           Course Review Horay

Kegiatan Pembelajaran
No
Kegiatan Belajar
Waktu (Menit)
1
Kegiatan Awal
-          Guru menyapa siswa
e.g. Good morning, How are you, this morning?
Who is absent today?
-          Siswa memperhatikan slide power point yang di tampilkan guru

15’
2
o  Membaca nyaring bermakna teks descriptive dan memahami secara komprehensif secara individu
o  Mendiskusikan berbagai aspek dari teks seperti isi dan struktur teks secara berkelompok

60’
3
Penutup
·     Menyimpulkan pembelajaran
·     Menginformasikan materi minggu depan kepada siswa
15’

Penilaian Hasil Belajar
·         Tehnik: Menjawab pertanyaan yang diberikan kalau benar diisi tanda (V), kalau salah diisi tanda silang (X).
·         Bentuk pertanyaan tertulis

1.      What does the text talk about?
2.      What is Debby’s proffesion?
3.      How did she become famous?
4.      The way she dresses show that she is an.........person.
5.      Mention her positive and negative traits.









Mengetahui,                                                               Lahat,  Januari 2012
Kepala SMAN 3 Lahat                                             Guru Mata Pelajaran




Drs. Erlambang, M.M.                                             Johan Kapri, S.Pd.
NIP 196609031995121002                                      NIP 197101121999031007